Book Review : Panduan Singkat dan Praktis Memulai Investasi di Reksadana

  • Judul Buku : Panduan Singkat dan Praktis Memulai Investasi di Reksadana

  • Pengarang : Nofie Iman

  • Kategori : Non-fiksi

  • Penerbit : PT. Elexmedia Komputindo

Buku ini merupakan karya awal Nofie Iman dalam dunia perbukuan. Tidak dapat disangkal, Nofie Iman adalah salah satu blogger yang telah memiliki penggemar tersendiri di jagad maya.

Saat pertama kali melihat buku ini, satu hal yang terbersit di benak saya. Apa yang membedakan buku ini dengan buku-buku sejenis mengenai reksadana? Ada satu hal yang menarik. Pengarang buku ini menyelipkan satu bab mengenai strategi investasi reksadana. Bab ini membahas mengenai diversifikasi dan lebih lanjut mengenai bagaimana membentuk diversifikasi yang optimal. Sayangnya pembahasan mengenai diversifikasi optimal terkesan hanya menyentuh "kulitnya" saja sehingga tidak dapat langsung diterapkan.

Secara keseluruhan, sesuai dengan judulnya, buku ini merupakan buku yang sangat baik bagi seorang pemula yang ingin berinvestasi di reksadana. Penjelasan yang diberikan cukup jelas dan tidak bertele-tele. Dengan membaca buku ini, Anda akan mengetahui seluk beluk reksadana. Mulai dari definisi hingga cara memilih reksadana yang baik. Selain itu, buku ini juga memberikan penjelasan mengenai ETF dan unit link yang masih relatif baru di dunia investasi di Indonesia.

Pada bagian akhir buku ini, pembaca dapat menemukan daftar istilah yang umum digunakan di dunia investasi reksadana sehingga pembaca yang awam dapat mengikuti paparan di dalam buku ini dengan lebih baik. Tak lupa, pengarang juga memberikan daftar agen penjual reksadana dan manajer investasi reksadana.

Pendek kata, buku ini dapat menemani akhir pekan Anda tanpa membuat kening Anda berkerut karena Nofie Iman mampu untuk memaparkan hal-hal yang cukup rumit dengan bahasa yang lugas dan mudah dimengerti.